24 February 2016

Wednesday, February 24, 2016
Apa itu Temporary File di Operarting System Windows ?

Temporary File di Windows adalah file-file yang penggunaannya hanya sementara dan menjadi berlebihan sekali setelah program selesai. File sementara tersebut dibuat untuk menyimpan data sementara ketika file sedang dibuat, diproses atau digunakan.

Temporary files biasanya terletak di C:\Users\username\AppData\Local\Temp, dibuat untuk setiap pengguna windows. folder ini tersebunyi (hidden), jika ingin melihat isinya kita harus meng-“un-hide” terlebih dahulu di folder options.

Jika tidak pernah dibersihkan Temporary files sangat banyak menggunakan kapasitas hard disk. Selain itu, file ini dapat dihapus. Biasanya file temporary sebagian besar berupa folder, dan lainnya berupa file *.TMP, *.dll, dan lainnya.
Apakah Windows akan rusak jika menghapus file temporary tersebut? Tidak, karena file temporary bisa dihapus secara aman dan tidak akan membuat Windows kita rusak.

Cara menghapus temporary files pada Windows :

1. Tutup semua aplikasi yang dijalankan pada komputer Anda
2. Buka Run/ pencarian lalu ketik: %Temp%
3. Klik %Temp% File Folder, akan menampilkan layar sbb :


4. Klik salah satu folder Temp, tekan Ctrl+ A, lalu klik kanan mouse Anda, pilih Delete
5. Buka Recycle bin, hapus semua files dan folder secara permanen !

Lakukan penghapusan files pada folder Temp tersebut secara berkala, minimal 3 bulan 1 x

Tip cara hapus files dan folder secara permanen :
Klik kanan files atau folder yang akan dihapus secara permanen, klik Shift pada keyboard sebelum klik Delete, lalu baru klik Delete. Windows akan memunculkan layar sbb :


Selesai !

0 comments:

Post a Comment